Cara Merawat Handphone

Sekarang ini HP bukan lagi merupakan barang yang begitu mewah (kecuali yang memang harganya mahal), hampir semua orang memilikinya. HP sekarang pun tidak hanya sekedar untuk telpon atau sms saja, tapi sudah menjadi sarana hiburan karena sudah dilengkapi dengan fitur multimedia seperti untuk musik, kamera (photo dan video bisa) dan internet.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat HandPhone kita :
1.Cas handphone kita sampai benar benar penuh, dan isi ulang baterai bila memang sudah habis,walaupun jenis baterai yang baru seperi Lithium Polymer dapat di isi kapan saja tetapi secara umum, jika melakukan pengisian yang terlalu sering akan memperpendek usia baterai.

2.Aktifkan kode akses Ponsel, baik pada ponselnya maupun pada sim Cardnya. Hal ini akan mencegah pemakaian oleh orang orang yang mungkin tidak berhak. Bila mungkin install aplikasi pengaman seperti Wavesecure untuk mengantisipasi kehilangan dan ulah tangan tangan jahil

3.Aktifkan pula keypad lock ( pengunci keypad) hal ini akan mencegah pemakaian yang tidak disengaja, seperti misalnya secara tidak sadar beberapa tombol tertekan sehingga melakukan dial kenomor tertentu tanpa kita sadari. Hal ini selain mengurangi pulsa kita atau membengkakan tagihan pasca bayar juga akan mengganggu kenyamanan orang yang menerima panggilan tidak disengaja tersebut.

4.Catat nomor IMEI, pin dari security code dan PIN Code kiua dan simpan ditempat yang aman sebagai cadangan bila kita lupa. IMEI bisa digunakan untuk mengautentikasi apabila hape kita hilang atau untuk mencari security code ( dengan bantuan software seperti m code) seandainya kita lupa. Catatan: juga akan membantu apabila kita lupa dengan PIN code ( simcard code) sehingga tidak kejadian SIM CARD kita di blokir permanen akibat salah memasukan PIN code dan P U K

5.Bersihkan Handphone kita dengan lap dan jangan sekali kali menggunakan cairan kimia untuk membersihkannya walaupun ada cairan seperti contact cleaner yang mampu membersihkan komponen kompenen dalam ponsel dengan baik karena pemakaian oeh yang kurang ahli malah bisa menyebabkan kerusakan

6.Gunakan pengaman seperti sarung ponsel/tas ponsel.Selain mencegah resiko jatuh, dengan sarug ponsel mungkin akan menahan air dan debu untuk masuk ke ponsel dengan cepat

7.Letakan ponsel di tempat yang tidak berair dan berdebu. Juga hindarkan menaruh ponsel ditempat dengan radiasi dan medan magnet yang tinggi. Meletakan ponsel di tempat dengan medan magnet tinggi akan memaksa ponsel untuk mengeluarkan daya maksimalnya untuk mendapatkan signal terbaik.Biasanya ponsel menjadi panas dan baterai cepat terkuras.

8.Hindari menaruh ponsel di tempat yang panas melebihi suhu kamar dan tempat dengan kondensasi tinggi.

9.Jangan pernah ganti casing dengan casing ponsel palsu. Meski kelihatannya sama ukuran dan modelnya, bukan jadi jaminan Hp pasti awet. Karena hal tersebut bisa membuat beberapa komponen ponsel cepat rusak, lebih baik ganti dengan yang asli meski harganya mahal.

10.Jangan menyeting volume dering maksimal. Menyetel volume dering sampai tingkat maksimal berakibat speaker jadi rusak. Untuk diri kita sendiri, so pasti pendengaran pun bakal terganggu karena kerasnya suara Hp. Lebih baik setting volume pada tingkat menengah.

11. Jangan sering mengaktifkan nada getar.Nada getar yang sering diaktifkan membuat boros baterai. Sebaiknya aktifkan nada getar seperlunya saja, misalnya jika kita ada dalam keramaian dimana suara bising dimana-mana.

12. Jangan install software sembarangan. Sebaiknya install software seperlunya saja. Kalau tidak, memori pastinya bakal penuh dan akses dalam Hp jadi lemot.

13. Jangan keseringan bermain Game. Hp yang sering dibuat untuk main game, berakibat keypad akan mudah rusak.

14. Jangan sering ganti SIM Card. Jika Keseringan ganti SIM Card membuat kemampuan dari SIM-card reader bisa berkurang. Akibatnya ponselnya jadi sulit untuk membaca data pada SIM Card.

15. Jangan ganti lampu LCD, kalau Hp tidak rusak. Biarkan LCD seperti adanya, karena jika lampu LCD diganti bukan dalam keadaan rusak akibatnya LCD menjadi bocor.

16. Gunakan pelindung. Agar layar lebih awet, sebaiknya gunakan pelindung anti gores.

17. Jangan sembarangan memakai aksesoris. Pakai aksesoris yang sesuai dengan Hp, kalau tidak bisa menyebabkan kerusakan pada komponennya.

18. Jangan menggunakan Hp sewaktu di charge. Menggunakan Hp sewaktu dicharge berakibat baterai mudah ngedrop.

19. Turuti aturan larangan penggunaan Hp. Kalau ada di suatu tempat yang melarang menggunakan Hp, harus dituruti demi menghindari masalah yang tidak diinginkan. Tempat-tempat tersebut misalnya, Pom Bensin, Stasiun Radio / TV, Rumah Sakit, dan tempat ibadah. Aturan-aturan tersebut maksudnya agar tidak merusak atau mengganggu proses kerja Hp atau sebaliknya.

20. Kalau tidak mendapat sinyal sebaiknya matikan. Kalau berada di suatu tempat yang nggak ada sinyalnya, sebaiknya matikan Hp untuk menghemat baterai Hp agar tidak cepat habis.

Mudah mudahan bermanfaat. Tips Trik ini saya ambil dari berbagai sumber dengan penambahan dan pengurangan seperlunya

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates