Tahapan Saat Komputer StartUp Atau Booting


Ketika komputer dinyalakan, maka komputer melakukan Start Up atau istilah yang lebih terkenal adalah booting. Berikut ini adalah beberapa tahapan saat komputer melakukan Start Up atau booting.
  1. BIOS melakukan proses Power On Self Test (POST), mengecek seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas atau ada yang kegagalan.
  2. Display Adapter merupakan komponen pertama yang dicek, hal ini karena display adapter yang mempunyai built in test routine sendiri. Dan di layar monitor menampilkan informasi Display Adapter.
  3. Setelah selesai menjalankan built in routine display adapter, BIOS kembali menjalankan POST routine dan pengguna bisa melihat tampilan utama POST di layar monitor.
  4. POST melakukan pengetesan terhadap Processor dan menampilkan informasi processor ke layar monitor.
  5. Setelah pengecekan Processor selesai, kita bisa masuk ke menu BIOS biasanya dengan menekan tombol DEL atau F2 untuk melakukan beberapa setingan yang diperlukan. jika kita tidak masuk ke menu BIOS, maka proses booting akan berlanjut.
  6. BIOS melakukan pengecekan terhadap koneksi hardware seperti .memory yang terinstall, hard disk, CD Drive dan Floppy Drive.
  7.  Jika semua proses diatas sudah selanjutnya BIOS akan menampilkan ringkasan hardware yang terdeteksi ke layar. Jika koneksi tidak sesuai dengan setingan yang terdapat pada BIOS, maka proses booting akan berhenti dan kita harus kembali masuk ke menu BIOS untuk membetulkannya.
  8.  BIOS kemudian memanggil “BIOS Operating System Bootstrap Interrupt ” yang akan menemukan “bootable disk” dengan mencoba me-load setiap disk yang dikonfigurasi sebagai “bootable disk” pada settingan BIOS. 
  9. Setelah BIOS menemukan “bootable disk”, kemudian me-load program yang terdapat pada “Master Boot Record (MBR)” dari disk ke dalam memori komputer. Misalkan MBR tersebut terdapat pada partisi yang terinstall sistem operasi windows 7, maka proses kemudian akan berpindah dari proses “Start up Computer” ke proses “Start Up Windows 7″.
 Demikian penjelasn kami tentang Tahapan Saat Komputer Melakukan Start Up Atau Booting, mudah-mudahan bermanfaat.

1 comments:

Claunsdira Gohara said...

numpang share ya,,,
ayo segera daftar kan diri anda di ionqq,c0m
daftar, mainkan dan menangkan hadiahnya,,,
hanya di ionqq.com player bisa jadi bandar...
pin bb : #58a-b14-f5#

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates