Web Browser

Untuk membuka sebuah alamat internet kita membutuhkan sebuah program aplikasi yang sering disebut dengan web Browser atau perambah internet.
Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Program yang dirancang untuk menguraikan dan menampilkan teks, gambar, dan menyediakan berbagai interaksi kita dengan internet.
Dengan web browser kita dapat mengkases website yang berisi kata-kata, gambar, audio, video, dan hyperlink ke halaman lain dalam bentuk HTML.

Sejarah Web browser
Web browser awalnya dikembangkan untuk berbagi dokumen teks di antara sejumlah kecil individu. Kemudian tumbuh dengan cepat dan mencapai jutaan di seluruh dunia. Pertama kali web browser diciptakan pada 25 Desember 1990. Penciptanya adalah Tim Berners-Lee, dari Inggris. Mereka menamakannya world wide web dan didistribusikan ke beberapa orang CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) di bulan Maret tahun berikutnya. Beberapa browser internet dikembangkan pada tahun 1992, di antaranya adalah libwww, Line-mode, Erwise, ViolaWWW, Midas, dan Samba.
Mosaic, Arena, Lynx, dan Cello adalah browser internet yang dirilis pada tahun 1993. Opera, Navipress, dan Mozilla diciptakan pada tahun 1994. Microsoft merilis browser Internet Explorer pertama pada tahun 1995. Banyak internet browser telah dirancang sejak saat itu. Beberapa browser penting yang lain di antaranya Deepnet Explorer, Avant Browser, Flock, Maxthon, Safari, dan Google Chrome.

Adapun beberapa web browser yang paling kita sering pakai adalah Mozilla Firefox dan Internet Explorer, padahal masih banyak lagi web browser lain yang ada di dunia ini, seperti Opera, Google Chrome, Safari dan lain-lain.

Istilah dalam web browser yaitu :
1. Website adalah halaman-halaman web yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam suatu web.
2. Homepage adalah halaman pertama dari suatu website yang berisi berbagai Informasi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut. Didalam website tersebut juga terdapat Informasi tentang link-link yang menghubungkan antar dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya.Setiap pribadi atau organisasi perusahaan yang memiliki informasi di World Wide Web akan memerlukan suatu alamat atau URL khusus yang disebut Website.
3. URL (Uniform Resource Locators) adalah suatu "pathname" untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.
4. HTTP (hypertext transfer protocol) yaitu suatu protokol yang digunakan untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Jika anda sedang menjelajah Web dan pada Addres bar ada tulisan http://www.msn.com, ini merupakan salah satu penggunaan protokol http dalam Web.

1 komentar:

hanum mengatakan...

terkait dengan analisis web browser, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2371/1/02-02-011.pdf

Poskan Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates